separate
Media pencatat langkah kecilnya yang penuh kelucuan, keluguan, inovatif, kreatif dan segala tingkah usil dan kebandelannya
logo
Budhi Insan

Kegamangan

Devon Sekarang sudah kelas IX (Kelas III SMP) seperti pada umumnya anak-anak yang duduk dikelas III, sering terjadi ketegangan dalam dirinya. Itu suatu hal yang wajar karena Dev tengah mempersiapkan diri untuk menghadapi Unas yang akan menentukan nilai NEM kelulusannya nanti.

Sebenarnya yang membuat Dev tegang bukan masalah unasnya tetapi setelah melihat di web-nya SMKN yang menjadi impiannya, di web itu terpampang prasyarat nilai yang lumayan tinggi untuk bisa masuk di sekolah itu. Jurusan yang dipilih Dev adalah jurusan listrik sedangkan target NEM untuk bisa terjaring minimal nilainya 36, jika dibagi empat mata pelajaran berarti minimal nilai masing-masing pelajaran harus pada nilai 9. Memang tidak mudah itulah yang kadang membuat Dev gamang. Maklumlah namanya anak-anak masih labil emosi.

Berkali-kali Dev bertanya padaku "Pa, kira-kira Devon bisa tidak ya masuk SMKN?, pertanyaan itu berulang-ulang dilontarkan kepadaku seperti mengisyaratkan ada ketegangannya dan ketidak pedeannya. Sebagai orang tua hanya bisa mengelus rambutnya sembari menyemangatinya. Tugas Devon berdoa dan belajar seoptimal mungkin, insya Allah nanti akan dberi kemudahan dan dibantu oleh Allah.

Pa, bagaimana cara Allah membantu ujian Devon?" tanya Dev mulai kritis
"Hmmm.., banyak caranya.., misalkan Dev diberi kesehatan yang baik, dengan badan sehat maka bisa belajar dengan baik, juga diberi ketajaman daya ingat sehingga mudah mengingat yang diajarkan guru dan hasil belajarnya, ada juga melalui rezeki, dengan rezeki uang maka Dev bisa beli buku-buku penunjang belajar dan banyak lagi.."

Alhamdulillah sedikit jawaban bisa melegakan dan membangkitkan semangat belajarnya. Mungkin Sahabat-sahabat yang membaca tulisan ini pernah mengalami masa-masa dimana putra-putrinya atau adik-adiknya yang mengalami ketegangan yang berdampak krisis percaya diri terhadap anak. Jika tidak keberatan, boleh dong dishare dikolom komentar, insya Allah akan bermanfaat bagi Devon dan teman-teman lainnya.

Salam Kreatif...

20 comments:

"Setelah dibaca silakan kasih komentar karena postingannya sopan maka diharap komentarnya juga yang sopan, mohon tidak menulis komentar spam dan OOT disini."

  1. Selain berusaha sebaik-baiknya, gmana kalo punya persiapan opsi sekolah lain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ide yang bagus Kakaakin..
      Tapi Dev kalau sdh punya keinginan biasanya dikejar sampai tercapai

      Delete
  2. tetap semangat ya Devon...trs rajin belajar & berdoa..insyaallah pasti bisa...turut mendoakan ya devon :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih Mbak Enny
      mendoakan sangatlah kami inginkan

      Delete
  3. Anak saya memang baru kelas lima SD, akan tetapi saya tidak pernah menargetkan mereka untuk masuk sekolah lanjutan yg negeri.
    Saya hanya memacu semangat belajarnya saja agar sungguh sungguh dan biarlah nasipnya nanti yg menentukan yg terpenting sudah usaha. Saya justru menargetkan sampai jenjang SMP akan saya masukkan sekolah islam saja mereka menyetujuinya.
    Bagi saya saat ini swasta atau negeri sama saja malah swasta kuwalitasnya lebih bagus saat ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya Dev dari kecil sdh masuk KBIT, TKIT dan SDIT target saya sebenarnya juga sampai SMPIT tapi dia diterima di SMPN dan skrg impiannya masuk SMKN. sebagai ortu hanya mengarahkan yang terbaik untuk dia

      Delete
  4. setiap siswa di tingkat akhir setiap jenjang pasti mengalami hal ini. adikku tahun lalu kelas tiga smp, alhamdulillah sekarang sudah kelas satu sma. semoga dev bisa melalui masa ini dengan baik. selain belajar, ketenangan tetap diperlukan untuk menghadapi ujian yang sudah di depan mata.

    moga dev sukses dengan semua cita citanya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin ini dampak ketegangan aja Kang, karena pressing klas IX

      Makasih Doanya

      Delete
    2. Devon... Semoga apa yang dicita2kan bisa terwujud, selalu menjadi kebanggaan buat papa dan mama. Semoga Allah selalu memberikan bimbingan dan petunjuk di setiap langkahmu.

      Yakin... Devon akan meraih masa depan yang gemilang.

      Delete
  5. 1. Rubah pertanyaan itu menjadi pernyataan ::"Saya pasti bisa masuk ke SMKN"
    2. Untuk mewujudkannya maka harus usaha keras dan berdoa.
    3. Buat cadangan (SMKN Jurusan Mesin)

    Jika Tuhan menghendaki maka tak akan ada yang bisa menghalangi

    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. TErimakasih Pakdhe untuk semua saran dan nasehatnya
      sangat mencerahkan

      Delete
  6. Papanya sudah ngasih saran yang tepat. Devon tinggal mengikuti. Optimis dulu ya Nak, dan persiakan diri sebaik2nya ...

    ReplyDelete
  7. Saya yang belu nikah ini pie toh :)

    ReplyDelete
  8. wah mau nulis, tapi kok kwatir salah hehe..
    intinya legowo dik Devon, Kita memang harus usaha... tapi tautkan harapan itu pada Alloh agar lancar dan tenang dalam belajar dan ujian nanti, sehingga insyaAlloh nanti dik Devon mampu menggapainya.

    ReplyDelete
  9. Devon ternyata anak yang beruntung.
    di luar sana banyak pelajar yang pake jalan pintas, tanpa usaha mengharap LULUS pada ujiannya.
    semoga dalam mengerjakan soal-soal ujian, murni dengan jawaban sendiri.
    #semangat iqra`......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih Mas Hady..
      dari dulu kami mengajarkan untuk jujur thd diri sendiri, hkalau tdk lulus berarti ada yg harus dibenahi

      Delete
  10. Semangat Devon.. semangat!! Dimana ada kemauan pasti ada jalan dan dimudahkan... gak ada yang sulit di tangan Alloh

    Rajin Belajar dari sekarang,Salat Duha, tahajud dan jangan bikin kesal mamah papahnya.. :)

    ReplyDelete
logo
Copyright © 2012 Media Indara.
Blogger Template by Clairvo