separate
Media pencatat langkah kecilnya yang penuh kelucuan, keluguan, inovatif, kreatif dan segala tingkah usil dan kebandelannya
logo
Budhi Insan

Mengiringi Perkembangan Anak

Ah rasanya seperti baru kemaren aku menimang-nimang Devon sambil sesekali menikmati gelak tawanya yang memecahkan kesunyian suasana dirumah. Dev selalu dekat dengan kedua orang tuanya aku memang tidak bisa jauh dari Dev karena aku ingin bisa mengikuti perkembangan dari balita hingga saat ini diusianya menjelang remaja. Banyak pengalaman yang tak terlupakan dikebersamaanku.

Diusia selapan atau 36  hari pengalaman pertamaku sukses memandikan Dev. Sejujurnya ini karena kepepet. Awal ceritanya karena mamanya ada urusan mendadak yang harus diselesaikan. Kalau menyuapin dan memberi susu tambahan sih sudah biasa tapi kalau harus mandiin bayi usia sebulan yang masih rapuh masih mikir dua kali. Tapi kasihan juga kalau tidak dimandiin sedangkan kalau menunggu mamanya pulang juga belum tahu kepastiannya. Dengan modal nekad dan melihat keseharian mamanya akhirnya aku sukses mandiin memasang gurita hingga mbedhongnya.


Saat kecil Devon memang terkenal dengan keusilannya. Berbagai keusilannya sudah saya ceritakan disini. Keusilan lain yang hampir fatal yaitu disore hari Dev ikut mencuci motor. Seperti biasanya setelah selesai mencuci motor mesin kunyalakan untuk memanaskan mesin. Tanpa sepengetahuanku Dev mengambil selang air dimasukin kenalpot kemudian lubang satunya dimasukin dibak yang diisi air. Memang kelihatannya menarik dari air itu keluar gelembung udara dari asap knalpot. Dan tak lama kulihat Dev jalannya terhuyung-huyung dan jatuh, ternyata akibat kebanyakan menghirup udara dari kenalpot Dev menjadi pusing dan pingsan. Untung setelah aku beri bantuan pernapasan Dev siuman kembali. Aduh Devon bikin jantung ortu serasa hampir copot aja.

Dari kecil Dev tergolong anak yang pemberani dan tidak punya rasa takut dan jijik dengan berbagai jenis binatang. Tapi  dibalik keberaniannya ada satu binatang yang bisa membuatnya lari terbirit-birit bahkan bisa teriak histeris yaitu jika melihat kecoa. Awal kejadiannya disuatu sore setelah mandi Dev minta jalan-jalan, pas mau berangkat mendadak telpon dirumah berdering. Aku mengangkat telpon sementara Dev berjalan keteras. belum lama bicara ditelpon aku dkejutkan tangisan histeris si Dev. Sepontan kulepaskan telpon dan berlari menghampirinya. Ah ternyata ada kecoa terbang dan hinggap tepat didadanya. Sejak itulah Dev seperti pobhia dengan kecoa.

Ketika Dev sudah makin gede keusilannya sudah berbeda, tidak lagi mainan selang air tapi Dev bisa merekayasa barang-barang elektronik dirumah dibuat seolah seperti sedang rusak bahkan kadang sengaja dirusak demi untuk bisa membongkarnya dan melihat daleman elektronik agar bisa mengetahui system kerja mesinnya. Kemudian dianalisa dan dipraktikkannya.

Tapi Alhamdulillah buah dari keusilan Dev dulu bisa bermanfaat untuk perkembangan perbendaharaan ilmu pengetahuannya. Sekarang jika ada AC, TV, Komputer yang rusak tidak perlu ngeluarin banyak duit untuk panggil service, Dev dengan sigap akan turun tangan membetulkannya. Apabila memang sudah mentok dan Dev nyerah baru panggil orang.

Kenakalan dan keusilan anak-anak itu hal yang wajar, semua karena rasa keingin tahuannya yang kuat. Jangan disikapi sebagai sebuah kenakalan tetapi sebagai proses pembelajaran si anak. Semua perlu pengorbanan tapi ilmu yang didapat si anak harganya jauh lebih mahal dibanding barang-barang yang sudah dirusakannya. Biarkan anak tumbuh menjadi anak yang kreatif, inovatif dan bisa berkreasi sesuai perkembangan usianya.

Salam kreatif 

       

12 comments:

"Setelah dibaca silakan kasih komentar karena postingannya sopan maka diharap komentarnya juga yang sopan, mohon tidak menulis komentar spam dan OOT disini."

  1. Sampai pingsan dan perlu nafas buatan?? Waduuh...!
    Sampai sekarang masih jerit2 tuh mas kalau liat kecoa? Astri tuh yang suka begitu kalau sama kecoa. Njerit histeris.

    Nggak ada foto lainnya nih? Tambahin dong :D
    Oh ya kok cerita Untuk Hamster Kesayangan ga bisa dibuka? Jangan bilang kedelete lagi!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itulah keusilan Dev, waktu kecilnya gak boleh meleng sedikit.
      Sampai sekarang juga msh begitu histeris kalo ada kecoa.

      photo yang mana lagi yah...
      oh iya ya kenapa kok hilang ya... #mikir sambil pusing

      Delete
  2. waahh dulu aby berani mandiin noofa diusia noofa 6 bulan, itupun karena aku sakit... jd terpaksa berujung bisa,. hehehe

    salam buat Devon ya Om..

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih lumayan nekad saya ya...

      Salam balik buat kakak Noorma

      Delete
  3. wah mas insan kalau tv ku rusak bisa donk minta sama devon untuk diperbaiki hehe, wah keusilan si devon waktu kecil lucu hehe

    ReplyDelete
  4. Mas Insan, sini gantian gendong Devon.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo mau gendong Devon yang sekarang aja...

      Delete
    2. Ya nggak kuat dong mas...
      Gimana mau gendong, liat wajahnya aja susah banget.

      Delete
  5. Untungnya gak sampe kenapa2 tuh gara2 asap knalpot

    ReplyDelete
logo
Copyright © 2012 Media Indara.
Blogger Template by Clairvo